Cintaku Dikampus Biru

Analisis Novel Cintaku Dikampus Biru  Karya Ashadi Siregar

 

 

 

Cintaku Dikampus Biru

Penulis : Ashadi Siregar

 

Novel Cintaku di Kampus Biru merupakan kisah pembuka dari Trilogi Cintaku di Kampus Biru, Kugapai Cintamu, dan Terminal Cinta Terakhir. Cintaku di Kampus Biru merupakan cerita anak muda yang segar dan penuh warna. Setting ceritanya diambil di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang berlatar tahun 8O-an dan semenjak terbitnya Novel ini, Kampus Universitas Gadjah Mada Bulaksumur mendapat predikat “Kampus Biru”.

Tema dari novel Cintaku Dikampus Biru ialah potret atau tepatnya gambaran kehidupan seorang mahasiswa dari masalah cinta dan juga pendidikan serta ada juga sedikit masalah keluarga .  Dimana di dalam kehdupan ini dipenuhi masalah dan pilihan-pilihan yang tepat untuk dilakukan. Cerita ini berada di sebuah Kampus Universitas Negeri di kota Yogyakarta yaitu Kampus Universitas  Gadjah Mada (termasuk juga dari bagian tamannya)  , ada juga yang berada di rumah (tempat tinggal) salah seorang tokoh dan juga kost-an.

Penceritaan  dimulai dari pengenalan masalah, pertikaian, puncak masalah (klimaks), anti klimaks, penyelesaian masalah, cerita selesai . Dimulai dari awal diperkenalkan bagaimana kehidupan seorang Anton beserta masalah lalu muncul berbagai masalah dan rintangan yang harus dilalui dengan menemukan jawaban akhir dari masalah itu.

 Kehidupan seorang mahasiswa yang bernama Anton akan menjadi pemimpin jalan cerita atau tepatnya tokoh utama yang paling berepengaruh dari cerita ini , bagaimana cara nya seorang playboy seperti Anton mampu meraih cintanya , setelah menempuh banyak liku dan juga masalah pendidikan  . Anton mencoba menyelesaikan masalah dalam hidupnya satu-persatu  , dia mengingat orang tuanya yang mampu membiayai kuliahnya hanya lima tahun dan dimana dia harus memperjuangkan cinta dan juga cita setelah mengalami beberapa kegagalan dalam hal tersebut sehingga dia harus mampu memilih jalan yang benar unutk hidupnya sendiri. Belum lagi predikat seorang Anton yang seorang playboy cap super semakin memberatkannya di pandangan orang lain. Segala jenis perempuan sudah dihapalnya. Dari mulai karakter perempuan galak tapi lembut, hingga perempuan pendiam tapi ganas. Ada sangat banyak wanita yang telah dia pacari. Namun inti masalah sesungguhnya adalah cerita antara Anton dan beberapa perempuan. Marini, bu Yusnita, Erika, Widyasari. Anton sebelumnya berpacaran dengan Marini, hingga akhirnya dia bertemu dengan Erika. Bagaimana cara Anton menghadapi lika-liku hidup yang menyesak di hatinya dan semua memuncak dimana seorang Anton harus bisa mengikuti kemana suara hati dan pilihan yang benar dari semua masalah yang dia hadapi , membuang rasa ego yang ada didalam dirinya .

Sudut Pandang orang pertama  dimana tokoh terlibat langsung mengalami peristiwa-peristiwa cerita.

Anton seorang pria tampan dengan predikat playboy dan seorang pria yang cerdas, bu Yusnita seorang wanita berusia 32 tahun keras dan haus akan kasih sayang dari seorang pria dimana dia  pernah terlibat cinta dengan Anton namun sadar hal itu adalah salah karena jarak usia mereka yang jelas berbeda sangat jauh, Marini seoang perempuan galak yang selalu menuntut untuk diperhatikan dan di nikahi oleh Anton namun pada akhirnya malah memperoleh kasih sayang dari temen Anton yaitu Kusno , Widyasari yang menjadi pencerah untuk Anton terutama hubungan Anton dengan Erika dimana tokoh ini berpegang kuat dalam akhir dari kisah dan masalah yang dihadapi Anton , Erika seorang perempuan cantik  dan baik hati dan telah bertunangan dengan Usman yang sedang kuliah S2 di Jerman namun  hubungannya harus kandas di tengah jalan , tokoh Erika ini .Setiap tokoh memiliki karakter yang berbeda-beda yang semakin memperkuat jalan cerita sehingga membuat cerita menjadi menarik untuk diikuti sampai akhir tanpa melewatkan setiap bagian karena semakin dibaca semakin ingin tahu cerita di bagian selanjutnya.

Kehidupan atau tepatnya penceritaan seorang Anton memiliki makna tersendiri bagi pembacanya , yaitu bahwa kita harus berani dalam mengambil keputusan , dan harus berhati-hati dalam menentukan pilihan serta jangan mudah menyerah dalam menggapai sesuatu (tidak mudah putus asa dan bersemangat tinggi). Kita juga harus yakin dengan suara hati kita , membuang rasa ego yang tinggi dari diri kita apalagi itu merupakan rasa ego yang mampu membuat keadaan memburuk dan memperpanjang masalah serta mengajak kita menjadi sosok dewasa di usia yang memang pantas untuk dikatakan dewasa , serta menghadapi masalah dengan cara yang dewasa pula yaitu berfikir jernih dan menghadapi masalah dengan kepala dingin (tanpa emosi) , pasti kita bias melalui semua masalah itu dengan hasil akhir yang baik .

Bahasanya dalam cerita tidak terlalu tinggi walau agak sedikit kasar tetapi sehingga membuat pembaca mampu menikmati dan seperti berada di situasi yang nyaman serta ikut berada dalam cerita dari novel ini sendiri. Dikarena kan bahasa nya adalah bahasa informal yang tidak berat untuk diikuti atau lebih tepatnya cara teknik bahasa anak muda , walaupun sebenarnya bahasa nya sendiri adalah bukan teknik bahasa anak muda pada masa abad 20 seperti sekarang. Tapi tetap saja kita mampu menikmatinya , berasa ada pada zaman orang tua kita dulu. Mudah dicernah tanpa perlu berfikir keras sampai mengerutkan kening untuk membaca samai cerita akhir nya. Benar-benar membuat pembaca merasa nyaman membacanya.

Dalam cerita nya sendiri yang kita peroleh ialah nilai sosial karena di bagian cerita novel ini akan menunjukkan interaksi antar manusia , dari mahasiswa dengan dosen dimana membuat kita (para mahasiswa) pernah mengalami hal seperti ini , dan juga interaksi antara sepasang kekasih (tentu spesial untuk para pembaca yang sedang berada dalam sebuah hubungan seperti ini) dan juga ada bagian perebutan posisi ketua dewan mahasiswa untuk tingkat universitas atau ketua senat mahasiswa untuk lingkup fakultas (bagi pembaca yang kebetulan aktif di bagian hal seperti ini) . Nilai moral karena dimana ada pandangan yang salah di tunjukkan oleh ibu Erika kepada Anton dan juga perjuangan Anton dalam pendidikannya karena dia tahun orang tua nya hanya mampu membiayai kuliahnya dalam jangka waktu 5 tahun. Dimana tokoh Anton yang terlihat peduli dengan pendidikan dan juga orang tua nya. Nilai budaya juga ada , yaitu budaya mahasiswa atau lebih tepatnya kehdupan mahasiwa

Cerita dari novel ini juga membuat kita berfikir bahwa kita tidak bisa hanya menilai orang dari luar nya saja atau penampilan (menilai sebelah mata) , karena kita belum tahu bagaimana karakter orang  tersebut , contohnya Anton yang digambarkan sosok pria don juan (playboy) dengan penampilan yang terbilang tidak rapi , dari pakaian atau pun rambutnya . Tetapi ternyata dari sisi dirinya ditemukan sosok yang berbeda dai penampilan lurnya tersebut.

 

 

HASIL ANALISIS

 

Novel karya Ashadi Siregar ini mengisahkan seorang mahasiswa bernama Anton Rorimpandey, mahasiswa antropologi, namun ceritanya bukan sebatas kehidupan Anton tampan dan don juan, melainkan gambaran seorang mahasiswa yang berotak encer namun bukan kutu buku dan terisolasi di menara gading pemikiran. Intrik di kalangan mahasiswa, termasuk perebutan posisi ketua dewan mahasiswa untuk tingkat universitas atau ketua senat mahasiswa untuk lingkup fakultas, menjadi miniatur perpolitikan Indonesia.

Tokoh Anton akan dihadap oleh masalah cinta yang membuatnya harus memutuskan tindakan yang benar dalam melangkah.

Dalam cerita ini tokoh Anton sangat ditonjolkan karena penulis ingin menunjukkan gagasannya bahwa hidup penuh pilihan dan masalah , dimana dihajarkan bahwa setiap orang harus berani menentukan pilihan yang berhubungan dengan masa depan (krhidupan yang akan datang) dan  kedewasaan dalam menghadapinya. Tema nya sendiri sangat dekat dengan kisah dari kehidupan mahasiswa walaupun kisahnya tergolong lebih sulit dan berat dalam pemecahan masalahnya yang dia hadapi.

 

Oleh : Nia Karina Tarigan

mahasiswa FIB unpad 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

HELLO ! PROJECT GIRL’s

%d bloggers like this: